Akhlaq Alqur’an

Akhlaq Alqur’an.

Didalam Alquran itu ada banyak ayat yang menggambarkan betapa kacau balaunya hari kiamat. Termasuk salah satunya yang berada di surah Abasa “Hari dimana setiap orang lari dari saudaranya, dan ibu juga bapaknya, dan istri juga anak anaknya”. Dan yang ada di surah Al Ma’aarij “Hari dimana para pendosa lebih suka mengorbankan anak anaknya, agar ia selamat dari azab hari itu. juga istri dan saudara saudaranya. juga kawan kawan dekatnya. bahkan (jika bisa) seluruh yang ada di bumi, lalu dia selamat sendiri”

yang menarik, meskipun sama sama menggambarkan sikap ‘selamet dewek bae’, Namun disurah Alma’arij tidak disebutkan “mengorbankan kedua orang tua” agar selamat dari azab. namun diganti dengan “seluruh dunia”.

Padahal efeknya lebih dramatis. Namun begitulah. Didalam Alquran yang terdapat ayat yang mengajarkan akhlaq bermuamalah terhadap kedua orang tua, tidak mungkin ada kontradiksi, bahkan hingga ke level interpretasi hiperbola tentang penggambaran chaos hari kiamat sekalipun tidak ditolerir.

Begitulah akhlaq Alquran. Sempurna.

“Wa maa huwa illa dzikrullil ‘aalamiin”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s